RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KEWIRASWASTAAN
Satuan Pendidikan : SMA/MIN
Mata Pelajaran : Kewiraswastaan
Kelas / Semester : II / 1
Tema : Wiraswasta
Alokasi
Waktu : 2 x 35menit
(1 x pertemuan)
I. Standar
Kompetensi :
Mempersiapkan manusia wiraswasta di
lingkungan diri pribadi dan diri keluarga. Terwujudnya pribadi yang dinamis,
kreatif dan mewujudkan keluarga yang majau serta berprestasi.
II. Kompetensi Dasar :
Menjelaskan,
mengerti dan paham dalam kewiraswastaan
III.
Indikator
:
1.
Menjelaskan
pengertian kewiraswastaan
2.
Menjelaskan
tujuan kewiraswastaan
3.
Memahami peranan kewiraswastan
4.
Memahami unsur penting kewiraswastan
5.
Memahami ciri – ciri manusia swasta
6.
Mengetahui
bidang – bidang kewiraswastaan
IV.
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Siswa dapat menjelaskan
pengertian kewiraswastaan
2.
Siswa dapat
menjelaskan tujuan kewiraswastaa
3.
Siswa dapat Memahami
peranan kewiraswastan
4.
Siswa dapat Memahami
unsur penting kewiraswastan
5.
Siswa dapat Memahami
ciri – ciri manusia swasta
6.
Siswa dapat bidang
– bidang kewiraswastaan
V. Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi
4.
Role
play/praktek
VI.
Langkah-langkah
Pembelajaran
:
A.
Kegiatan Awal
1.
Guru menyiapkan
kesiapan kelas dan siswa
2.
Guru menyiapkan
alat dan media pembelajaran
3.
Guru dan siswa
berdoa bersama untuk memulai pembelajaran
4.
Guru mengabsen
kehadiran siswa
5.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
B.
Kegiatan Inti
1. Guru
membacakan bacaan “ kewiraswastaan” yang ada pada buku paket
2. Siswa
diminta untuk membaca lagi bacaan “ kewiraswastaan”
3. Guru
menjelaskan materi tentang kewiraswastaan (pengertian, tujuan, peranan, unsur
penting, ciri – ciri manusia swasta dan bidang – bidang kewiraswastaan)
4. Guru
bertanya kepada siswa mengenai pengertian, tujuan, peranan, unsure penting, ciri
– ciri manusia swasta dan bidang – bidang kewiraswastaan yang terdapat pada kewiraswastaan
5. Setiap
siswa disuruh menuliskan pengertian, tujuan, ciri – ciri manusia swasta dan
bidang – bidang di papan tulis
6. Guru
dan siswa membahas hasil pekerjaan siswa
7. Guru
memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami
C.
Kegiatan Akhir
1.
Guru
menyimpulkan materi yang telah diajarkan
2.
Guru dan siswa
merefleksi pembelajaran yang telah dilakukan
3.
Guru memberikan
tugas kepada siswa
4.
Guru menutup
pelajaran
VII. Alat Dan Sumber Belajar
LKS
dan buku yang relevan
Buku pengantar bisnis perusahan, Jakarta Gramedia pustaka
umum
VIII. Evaluasi
1.
Teknik tes : Tes tertulis dan tes unjuk kerja
2.
Bentuk tes : Tes uraian
IX. Sumber
LKS
dan buku yang relevan
Buku pengantar bisnis perusahan, Jakarta Gramedia pustaka
umum
Http://id.answers.yahoo.com/question/index?Qid=20090921232708aaroijq
http://kotasepapan-pati.blogspot.com/
http://kotasepapan-pati.blogspot.com/
0 komentar
Posting Komentar